PAPUA BARAT....Kedamaian adalah kunci dari Kebahagiaan

Papua Barat adalah daerah di ujung timur Indonesia dan seolah menjadi pulau yang terlupakan selama satu dekade terakhir. Papua memiliki banyak sekali potensi yang belum terjamah oleh pemerintah. Disana terdapat dataran putih (salju) yang berdiri dengan gagah dan menjadi salah satu tujuh puncak di dunia...Cartensz Pyramid

Lembah Baliem adalah harta karun lain dari sumber daya alam yang tak kalah spektakuler di daratan Papua. Lembah dengan panjang 60 km dan lebar 15 km dan dikelilingi puncak-puncak pegunungan antara 2,500 dan 3,000 meter, menjadi lokasi yang sangat ideal untuk melakukan kegiatan treking dan mengikuti jalur setapak menembus hutan dan kawasan pegunungan. Jalur trekingnya sendiri tidak terlalu mudah untuk orang-orang yang belum biasa melakukan aktifitas luar ruangan dengan tingkat tantangan yang tinggi seperti mendaki dan menuruni bukit, melewati sungai dengan melalui tepian sungai yang licin. Dataran tinggi Baliem adalah pusat atau titik tengah dari Grand Valley dengan ketinggian sekitar 1,600 meter di atas permukaan laut. Temperatur di daerah ini sekitar 26 derajat Celcius di siang hari dan 12 derajat Celcius pada malam harinya.

Ada tiga suku utama yang menghuni Lembah Baliem: Suku Dani di dataran paling rendah, lalu Suku Lani di barat dan Suku Yali di selatan-timur. Setiap suku memiliki budaya yang berbeda. Satu cara yang pasti dan menarik untuk membedakan suku-suku tersebut adalah dari Koteka, atau penis labu, yang dipakai oleh kaum laki lakinya. Suku Dani menggunakan jenis Koteka yang panjang tipis, Lani berbentuk ukuran lebar bulat dan Suku Yali menggunakan Koteka yang terpanjang dari semuanya dengan rotan yang melingkar di pinggang. Biasanya wanita lajang – Suku Dani atau Lani- mengenakan rok kulit pendek dibawah pantat, sementara perempuan yang sudah menikah mengenakan rok serat anggrek. Kadang dihiasi dengan jerami, dan tas anyaman yang disebut “noken” di taruh di punggung mereka. Dani dan Lani yang berkaitan erat – berbicara dalam dialek yang berbeda dari bahasa yang sama tetapi mampu saling memahami. Sementara Yali, berbicara bahasa yang sama sekali berbeda dengan suku lainnya Mereka tinggal di dalam hutan perawan yang jaraknya jauh dan terletak di dataran lebih tinggi. Bisa butuh waktu perjalanan 5 hari melalui darat untuk mencapainya. Sebelum tahun 1970, suku Yali tertutup dari dunia luar dan ditenggarai masih kanibal sebelum para misionaris memperkenalkan agama Kristen dan membuka kepada dunia luar.

Anda akan melihat sisi lain dari dimensi kehidupan berbeda disini yang sering dianggap sebagai STONES AGE, dimana mereka adalah orang-orang yang hampir tanpa pakaian sama sekali (hampir telanjang), sebagai bentuk pengalaman dari cara hidup nenek moyang mereka.

Jaman Batu
Festival Lembah Baliem
Festival Lembah Baliem
Festival Lembah Baliem
Festival Lembah Baliem
Festival Lembah Baliem
Festival Lembah Baliem
Festival Lembah Baliem
Image Slider

Festival Lembah Baliem.....Perang, Kesenian dan Persaudaraan

Festival Lembah Baliem dianggap sebagai festival yang asli dan alami, unik, paling liar dan paling eksotis di planet ini. Jika anda menyukai hal-hal yang baru, anda tidak boleh melewatkan festival ini. Salah satu hal yang membuat Lembah Baliem menjadi terkenal adalah berkumpulnya budaya dalam festival lembah baliem, yang lebih dikenal dengan nama Festival Lembah Baliem. Festival ini pada awalnya merupakan ajang perang antar suku Dani, Lani dan Yali sebagai simbol kesuburan dan kemakmuran. Sebuah festival yang merupakan perebutan kekuasaan antar suku dan telah berlangsung selama beberapa periode tahun. Tentu saja aman bagi anda yang ingin menikmatinya.

Festival ini berlangsung selama tiga hari dan diadakan setiap bulan Agustus bertepatan dengan bulan Hari Kemerdekaan Negara Indonesia sejak tahun 1989 sebagai tahun awal diadakannya festival ini. Hal istimewa pada festival ini adalah adanya skenario pemicu perang seperti penculikan, pembunuhan anak, atau serangan karena adanya lahan yang baru dibuka. Keberadaan skenario pemicu ini menyebabkan suku lain harus membalas dendam dan penyerangan mulai dilakukan. Daya tarik ini tidak membuat dendam atau permusuhan dalam sebuah tema namun memiliki makna positif yaitu " Yogotak Hubuluk Motog Hanoro" yang berarti Harapan Hari Esok akan Lebih Baik dari Hari Ini.

Pertunjukan utama yang paling menarik adalah atraksi suku-suku pedalaman secara besar-besaran yang melibatkan seluruh kelompok penduduk asli yang tinggal di sekitar wilayah lembah raksasa tersebut. Semua suku-suku yang ada akan mengirimkan perwakilannya untuk menghadiri festival dengan membawa seluruh atribut kesukuan mereka seperti koteka, seni dan kerajinan. Dengan menghadiri acara festival tersebut, Anda akan mendapatkan kesempatan besar untuk mengetahui dan belajar kebudayaan dari masing-masing suku yang hadir tanpa harus mengunjungi perkampungan mereka di pedalaman hutan Papua Barat.

Datang ke acara festival akan membuat anda merasa seperti hidup di masa yang masih primitif. Disana, setiap orang akan menemukan nilai kehidupan yang sebenarnya, bahwa konsep kebahagiaan itu sederhana.

Silahkan baca mengenai Kehidupan Suku-suku di Papua Barat berikut :
1. Suku Asmat, Titisan Para Dewa
2. Suku Korowai dan Kombai, Manusia Langit
3. Suku Dani, Manusia Lembah
4. Dan suku lainnya.

CATATAN :
Syarat dan Ketentuan berlaku.
Kami bisa memodifikasi dan menyesuaikan tujuan dan bagaimana melakukan perjalanan di Indonesia berdasar keinginan anda.


LAYANAN KAMI :
PROFESSIONAL DEVELOPMENT
INDONESIA TOUR OPERATOR TRUE LOVE STORY CONCEPT


The Wonderful of Indonesia :
Bali Pulau Eksotis
Bunaken, Surga dari Utara
Flores, Tanah Para Leluhur
Raja Ampat, Surga Biru Dunia
Papua Barat, Dunia yang Hilang
Sumatera Utara, Taman Surgawi
Jawa, Pulau dengan Seribu Cerita
Lombok, Kisah sebuah Kebenaran
Pulau Komodo, Daratan Sang Naga
Tana Toraja, Tanah Berjuta Rahasia
Suku Mentawai, Dunia yang Menarik
Orangutan, Manusia Dimensi Berbeda


BROSUR KAMI

TIPS dan TRICKS

GALERI INDONESIA

Hotel & Resort Services :
The Jimmers, Puncak
Kampoeng Baron, Jogjakarta
Amanwana Resort, West Sumba

say love for Indonesia Shopping Area

Punya ide untuk berkeliling Indonesia ???

Kami akan membawa Anda ke jantung hati Indonesia.