INDONESIA....Jamrud Khatulistiwa

Berada di lokasi diantara 2 Benua ( Australia dan Asia ) dan 2 Samudra ( Hindia dan Pasifik ) dimana 2/3% wilayahnya adalah lautan dengan permadani garis pantai yang sangat panjang dari barat ke timur ( 93.000 km lebar perairan Indonesia dan 81.000 km panjang garis pantai )dan terdiri dari 113.466 pulau-pulau termasuk 9.634 tidak memiliki nama serta 6.000 pulau tidak berpenghuni membuat Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia.

Indonesia dilewati garis ekuator yang menyebabkan seluruh wilayah memiliki udara hangat dengan hanya memiliki 2 musim cuaca yakni musim panas dan musim dingin. Berdasarkan pada kondisi tersebut, Indonesia menjadi negara yang memiliki hutan tropis basah dengan level curah hujan sepanjang tahun, dimana hal ini menyebabkan Indonesia memiliki banyak sekali keanekaragaman hayati dan gunung berapi di hampir seluruh wilayah, dan orang menyebutnya dengan Jamrud Khatulistiwa ( The Emerald Equator ).

The Chain-Link Of Volcano
It was happen in pre-historic period.
NUSANTARA, adalah nama lain dari Indonesia sejak jaman Kerajaan Majapahit dengan kekuatan Gajahmada yang mendeklarasikan dan bersumpah untuk membuat Majapahit menjadi kerajaan besar pada jamannya.
SUMATERA atau Andalas
Sumatera terbentuk karena dampak dari aktifitas vulkanik di bawah permukaan tanah. Hasil yang bisa dirasakan adalah munculnya magma ke permukaan bumi, seiring dengan waktu, magma akan menjadi keras dan menjadi lebih luas dan menjadi sebuah daratan. Metode ini dikenal dengan istilah Island Arc.
KALIMANTAN - Pulau ini terbentuk dari bagian pecahan benua super di awal permukaan bumi. Teori menyebutkan, pada masa pra sejarah, bumi adalah satu daratan besar bernama PANGEA, kemudian pecah menjadi dua bagian : Godwana dan Laurasia. Seiring waktu, keduanya pecah lagi dan menciptakan benua baru seperti yang ada sekarang.
JAVA, BALI, LOMBOK - Kepulauan terbentuk karena dampak dari aktifitas vulkanik di bawah permukaan tanah. Hasil yang bisa dirasakan adalah munculnya magma ke permukaan bumi, seiring dengan waktu, magma akan menjadi keras dan menjadi lebih luas dan menjadi sebuah daratan. Metode ini dikenal dengan istilah Island Arc.
SULAWESI or Celebes
Pulau Sulawesi terbentuk karena dampak dari pertemuan lempeng Philipina ( Philipina plate ), Indo-Australia, Euroasia dan lempengan kecil lain disekitarnya.
PAPUA - Teori Piring Tectonic menyebutkan bahwa pada masa pra sejarah, bumi adalah satu daratan besar bernama PANGEA, kemudian pecah menjadi dua bagian : Godwana dan Laurasia. Seiring waktu, keduanya pecah lagi dan menciptakan benua baru seperti yang ada sekarang.
Jamrud Khatulistiwa
Sebutan ini diberikan karena kekayaan dari keaneka ragaman hayati yang dimiliki oleh Indonesia. Hal ini menjadi keuntungan bagi Indonesia untuk memaksimalkan kemampuan dan menjadikan Indonesia sebagai negara terkenal di dunia.
Image Slider

INDONESIA....Past Time...Present Time

Berdasarkan pada kondisi yang ada, mari kita belajar dari dua literatur yang berbeda tentang bagaimana proses pembentukan kepulauan dan mengapa Indonesia memiliki lempengan alam yang unik ini dimana negara lain jarang memilikinya.

Sebuah Teori Kuno menyebutkan bahwa proses pembentukan daratan di Asia Selatan disebabkan oleh proses pergerakan anak benua Hindia menuju arah utara dan saling bertabrakan, dan kemudian, dampaknya adalah terbentuklah pegunungan Himalaya. Seiring perjalanan cerita, proses ini terjadi pada 20 - 36 miliar tahun yang lalu dan membuat daratan di selatan tertarik ke laut dan kemudian terpasang menjadi gugusan pulau sebagai mata rantai rangkaian gunung berapi.

Berdasarkan pada Literatur modern, pembentukan kepulauan Indonesia berhubungan dengan teori lempeng tektonik, yang mana, hal ini dijelaskan mengenai pergeseran dasar bumi dan muncul ke permukaan seperti yang terlihat seperti sekarang. Pergeseran ini dimulai ketika lempeng dasar lautan terperosok kebawah yang disebabkan oleh tekanan dari lempeng benua yang lebih tebal dan lebih keras dan membentuk sebuah palung. Dampak dari pergeseran ini membuat indonesia memiliki resiko tinggi terhadap terjadinya gempa bumi tetapi kaya akan sumber daya alam.

Indonesia berada pada pertemuan empat lempengan besar dunia ( Eurasia, Indo-Australia, Filiphina dan Pacific plate ) dimana lempengan-lempengan tersebut selalu bergeser sekitar 5 - 9 cm setiap tahunnya. Pergeseran secara bersamaan akan menimbulkan energi yang besar dan memberikan dampak bukan terhadap aktifitas gunung berapi dan tektonik saja di Indonesia, tetapi fenomena lainnya yang disebabkan oleh energi tersebut.

Dengan pergeseran subduksi antara dua lempeng tersebut memunculkan rangkaian gunung berapi dan parit di lautan, dan begitu juga dengan subduksi antara lempeng Indo-Australia dan Eurosia memunculkan rangkaian gunung berapi di Sumatera ( Bukit Barisan ), dan Jawa, Bali, Lombok dan parit Jawa ( Sunda ). Piringan tektonik akan selalu bergerak sampai bertabrakan dengan keras atau terjadi friksi dan menyebabkan gempa bumi, tsunami, dan meningkatkan keluarnya magma ke permukaan bumi. Beberapa gunung berapi berada dibawah lautan dan tidak terlihat, meski demikian, Indonesia adalah titik temu dua mata rantai gunung berapi yang aktif ( Ring of Fire ) dan memiliki puluhan yang masih aktif dan tersebar di wilayah Indonesia. Dari 3 jenis batas lempeng ( Convergen, Divergen, dan Shear ), kepulauan Indonesia terbentuk sebagai perbatasan lempeng konvergen yang bertabrakan antara selatan pelat Indo-Australia, pelat Pasific dari timur dan pelat Asia dari utara.

Dan pada akhirnya, marilah kita menjadi pribadi yang bijak dan cerdas untuk menjaga dengan baik dalam memaksimalkan sumberdaya alam di setiap bagian dunia. Hal ini bukan tentang peninggalan dunia saja, khususnya Indonesia, tetapi ini bumi adalah tempat dimana manusia hidup di dalamnya.


Silahkan baca cerita tentang Indonesia lainnya di bawah ini :
1. The Indonesian Islands History
2. The Great GrandParents of Indonesia
3. The History Name of Indonesia



say love for Indonesia Shopping Area




LAYANAN KAMI :
PROFESSIONAL DEVELOPMENT
INDONESIA TOUR OPERATOR
TRUE LOVE STORY


TENTANG INDONESIA :
TIPS & TRICKS
SEJARAH KEPULAUAN
KEUNIKAN INDONESIA
KALENDER INDONESIA
BHINNEKA TUNGGAL IKA


GALERI INDONESIA :
Tujuan Favorit
Pantai Terindah
Danau Tertinggi
Aktifitas Ekstrim
Tempat Romantis
Benteng Perjuangan
Air Terjun Menakjubkan
Tujuh Puncak Indonesia
Tanaman Langka Indonesia


Layanan Hotel & Resort :
Kampoeng Baron, Jogjakarta
The Jimmers, Puncak - Bogor
Amanwana Resort, Sumba Barat


Punya ide untuk berkeliling Indonesia ???

Kami akan membawa Anda ke jantung hati Indonesia.