SUKU MENTAWAI....Live deep in the Jungle

Mentawai adalah kepulauan yang ditemukan di sebelah barat Sumatera, terdapat sekitar 70 pulau besar dan kecil. Empat pulau utamanya adalah Pagai Utara dan Selatan, Sipora dan Siberut; dengan luas Siberut sekitar 4,480 kilometer persegi dan dihuni oleh sekitar 29,918 jiwa, dimana 90% di antaranya adalah penduduk asli Mentawai, dan 10% lainnya berasal dari Minangkabau, Jawa dan Batak (Bastide, 2008), inilah empat penduduk terbesar di pulai ini.

Disinilah kehidupan tersembunyi di sisi barat Indonesia, suku Mentawai adalah salah satu dari budaya otentik di dunia yang mengagumkan yang masih tinggal di pedalaman hutan pulau Siberut, terletak sekitar 130 km ke arah paling barat dari Sumatera Tengah. Salah satu yang menggugah dunia dari suku Mentawai adalah ciri khas dari kepercayaan yang tinggi dari mereka, seni lukis tubuh (tattoo), dan kecenderungan mereka untuk mempertajam gigi yang dipercaya dapat membuat mereka tampil menawan.

Masyarkat Mentawai memiliki keahlian dalam hal pembuatan perahu/kapal, nelayan, pemburu yang handal tetapi bukan petani yang baik. Para laki-laki menggunakan kain pinggang (cawat) yang terbuat dari kulit pohon, sedangkan para wanita menggunakan pakaian tradisional dari daun pohon palm. Baik laki-laki ataupun wanita sangat identik dengan tattoo yang unik sebagai hiasan kalung yang dibuat oleh tangan.

Mereka masih mengikuti ajaran kuno setempat dan hidup dalam kelompok yang berjumlah sekitar 25 orang di dalam satu rumah panjang "UMA". Satu-satunya diet tradisionalnya adalah Sago. Mereka juga berburu, menangkap ikan dan sangat menyukai larva. Orang yang memiliki kemampuan pengobatan mendapatkan tempat yang istimewa dan dianggap penting dalam masyarakat. Mereka melakukan hubungan dengan arwah leluhur yang sudah meninggal dan memiliki pengetahuan yang hebat tentang tanaman obat untuk menyembuhkan orang yang sedang sakit.

Mohon perhatiannya bahwa anda akan memasuki dunia yang sebenarnya di masyarakat Mentawai. Disana tidak ada pelayanan lebih untuk para tamu dan Anda akan hidup bersama mereka - sama seperti bagaimana mereka hidup. Anda akan hidup, makan dan tidur sama seperti mereka. Wisatawan di anjurkan untuk membawa peralatan tambahan seperti jas hujan, sepatu boot, jaring nyamuk, tisu basah dan alas tidur yang mudah untuk dibawa.

Hidup Jauh di Pedalaman Hutan,
Mereka hidup dengan bahagia jauh dari keramaian dan kesemarawutan dunia. Mereka terlihat menikmati kehidupa mereka meski tanpa fasilitas yang baik. Mereke hiduo seolah tidak ada kehidupan lain diluar mereka meski beberapa orang dari kota datang ke untuk melihat dan belajar dari mereka.
UMA Rumah Panjang,
Rumah besar untuk saling berbagi dan cukup luas untuk mengakomodasi 30 sampai 40 penduduk dalam sekali waktu, dan kebahagiaan yang berada di lokasi yang terpencil, yang membutuhkan waktu 3 bulan untuk membangunnya. Semua itu tanpa menggunakan alat dan teknologi apapun.
Mentawai Body Art, hampir setiap laki-laki memiliki tatoo di tubuh mereka dan semua terlihat memilikikesamaaan satu sama lain, mungkin, hal ini menjadi penegasa bagi laki-laki yang sudah menjadi dewasa, khususnya untuk menunjukkan dari kelompok dengan karakter tatoo pada tubuh mereka.
Keyakinan Mentawai,
mematuhi budaya tabu adalah, tentu saja, yang pertama dan terutama dalam hal ini - termasuk yang untuk berbagi semua makanan secara merata, juga mengharuskan bahwa setelah melakukan ritual panjang yang membenarkan kebutuhan dan kepentingan untuk melakukannya, babi atau ayam dikorbankan selama upacara.
The Mentawai Sikerei (dukun), Mirip dengan budaya asli lainnya, akan meniru prilaku hewan asli dan mengkomunikasikan cerita melalui tarian ritual mereke - " muturut ".
Upacara Mentawai, diadakan setiap tiga bulan sekali setelah kematian sebagai cara tradisi, Sikerei (dukun), orang yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan roh nenek moyang mereka, tanah, langit, laut/sungai dan semua hal yang berhubungan dengan alam.
Perayaan Mentawai, akhirnya, setelah upacara ritual selama 3 - 4 jam, roh telah dibebaskan dari Uma bersamaan dengan roh-roh lainnya, memungkinkan berpindah menuju ke tempat lain di tengah hutan, langit dan lain sebagainya. Acara ini juga untuk mengakhiri masa berduka
Pendidikan, pemerintah bersama lembaga-lembaga sosial masyarakat memberikan perhatian terhadap pendidikan di pulau Mentawai dengan mendatangkan relawan dengan harapan untuk dapat meningkatkan kualitas manusia serta hidup mereka tanpa mengganggu atau merusak kehidupan dan tradisi asli yang ada.
Image Slider

Pulau Mentawai Itinerary :

Hari 1: Padang - Muara Siberut
Anda akan dijemput di hotel atau bandara untuk menuju pelabuhan Muara/Bungus pada pagi hari jam 06.00 dan bermalam di kapal.

Hari 2-4: Muara Siberut - Desa Penduduk Asli
Pagi hari sampai di Muara Siberut, dengan menggunakan perahu motor menuju Rorogot atau Madobak, ini tergantung pada kondisi air di sungai, berjalan kaki menuju Sakaleo atau Bat Nusa sekitar 3,5 jam. Anda akan mengeksplorasi kegiatan harian mereka seperti berburu, menangkap ikan, membuat bubuk sago. Apabila beruntung, Anda akan mendapat kesempatan untuk melihat traian tradisional mereka dalam upacara di pagi hari. Bermalam di rumah perkampungan tradisional.

Hari 5: Bat Elemoi - Muara Siberut
Separuh hari mengeksplorasi kegiatan masyarakat setempat sebelum menuju ke Muara Siberut seperti melihat bagaimana mereka membuat pakaian pinggang dari kulit pohon, membuat tattoo, busur dan panah beracun dan lain sebagainya. Menuju ke Padang di sore hari menjelang malam.

Hari 6: Arriving in Padang
Pagi hari sampai di Padang, Anda akan diantar menuju ke hotel atau bandara untuk penerbangan Anda selanjutnya menuju ke tujuan berikutnya.

NOTIFIKASI :
Syarat dan Ketentuan berlaku.
Rencana perjalanan dapat di modifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda.


LAYANAN KAMI :
PROFESSIONAL DEVELOPMENT
INDONESIA TOUR OPERATOR TRUE LOVE STORY CONCEPT


The Wonderful of Indonesia :
Bali Pulau Eksotis
Bunaken, Surga dari Utara
Flores, Tanah Para Leluhur
Raja Ampat, Surga Biru Dunia
Papua Barat, Dunia yang Hilang
Sumatera Utara, Taman Surgawi
Jawa, Pulau dengan Seribu Cerita
Lombok, Kisah sebuah Kebenaran
Pulau Komodo, Daratan Sang Naga
Tana Toraja, Tanah Berjuta Rahasia
Suku Mentawai, Dunia yang Menarik
Orangutan, Manusia Dimensi Berbeda


BROSUR KAMI

TIPS dan TRICKS

GALERI INDONESIA

Hotel & Resort Services :
The Jimmers, Puncak
Kampoeng Baron, Jogjakarta
Amanwana Resort, West Sumba

say love for Indonesia Shopping Area

Punya ide untuk berkeliling Indonesia ???

Kami akan membawa Anda ke jantung hati Indonesia.